Jurnalistik dan Internet


Sebagai makhluk sosial, manusia memerlukan komunikasi untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Boleh dikatakan, tiada hari dalam hidup kita yang terlewat tanpa komunikasi. Dalam berkomunikasi, terjadi penyaluran informasi dari satu pihak kepada pihak lain melalui sarana tertentu. Sarana ini tentu saja beragam bentuknya; mulai dari yang paling sederhana seperti bahasa tubuh, sampai yang paling canggih seperti internet. Salah satu sarana komunikasi yang sudah akrab dengan kehidupan kita adalah media massa, baik media cetak maupun elektronik.

Perkembangan cara berpikir manusia mengalami proses yang begitu pesat, senantiasa berubah dari zaman ke zaman yang juga membawa perkembangan pada berbagai aspek kehidupan baik personal maupun sosial kemasyarakatan. Terlebih, perkembangan pada dunia informasi yang menyebabkan terjalinnya hubungan antara individu satu dengan individu yang lain tanpa kesulitan untuk mendapatkan informasi yang actual dan cepat pada wilayah yang jauh sekalipun.

Individu sebagai makhluk sosial yang selalu berinteraksi dan saling bergantung antara satu dengan yang lain, tidak terkecuali dengan kehidupan Perguruan Tinggi baik sebagai lembaga pendidikan atau sebagai anggota masyarakat, Perguruan Tinggi tidak dapat melepaskan diri dari sifat ketergantungan pada masyarakat yang meliputinya, instansi social, dan lembaga pendidikan lainnya. Karena ilmu pengetahuan sebagai unsure utama, maka Perguruan Tinggi dituntut untuk mampu berorientasi dalam bidang kemasyarakatan dan mampu memberikan sumbangan yang berarti pada kehidupan global yang semakin kompetitif. Begitu pula dengan individunya sebagai penemu dan aktor penggerak dari ilmu pengetahuan tersebut.

Hal ini berlaku pula pada studi Ilmu Komunikasi yang mempelajari bagaimana manusia berinteraksi, mengadakan komunikasi untuk mendapatkan informasi dengan baik dan komunikatif. Baik komunikasi yang dijalankan secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan media tertentu seperti media elektronik maupun media cetak.

Teknologi informasi telah dimanfaatkan secara luas hamper pada semua aspek kehidupan. Dampak teknologi informasi terhadap individu dan organisasi mengakibatkan pergeseran jenis pekerjaan dari yang lebih menggandalkan kekuatan fisik ke pekerjaaan yang menuntut pengetahuan (Knowledge Based Works).

Secara umum, media massa (media elektronik, media cetak) menyampaikan informasi yang ditujukan kepada masyarakat luas karena ditujukan kepada masyarakat luas maka informasi yang disampaikan haruslah informasi yang menyangkut kepentingan masyarakat luas.

Agar informasi dapat sampai ke sasaran (khalayak masyarakat) sesuai yang diharapkan, maka media massa harus mengolah informasi ini melalui proses kerja jurnalistik. Dan informasi yang diolah oleh media massa melalui proses kerja jurnalistik ini merupakan apa yang selama ini kita kenal sebagai berita. Secara umum, kita dapat menyebutkan bahwa media massa merupakan sarana untuk mengolah peristiwa menjadi berita melalui proses kerja jurnalistik.


One thought on “Jurnalistik dan Internet

  1. yang terpenting jangan sampai teknologi menjajah manusia itu sendiri, kitalah yang harus benar-benar mengendalikan, bukannya dikendalikan…..

    salam keakrabanšŸ˜‰

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s