2012: Hari Berakhirnya Kehidupan


world-end-in-2012-2Allah SWT berfirman, “Hari Kiamat. Apakah hari Kiamat itu?. Tahukah  kamu apa hari Kiamat itu?. Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang berterbaran, dan gunung-gunung seperti bulu-bulu yang dihambur-hamburkan. Dan orang-orang yang berat timbangan (kebaikan) nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan) nya. Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apa neraka Hawiyah itu?. (yaitu) api yang sangat panas”. (Q.S. Al Qari’ah [101]:1-11).

Firman Allah SWT diatas menjelaskan bagaimana keadaan yang sebenarnya pada hari kiamat kepada kita semua. Begitu dahsyatnya hari itu, hari berakhirnya kehidupan di dunia. Semuanya akan mati, tanpa terkecuali. Bahkan kuman sekecil apapun juga akan mati. Itulah hari pertanda datangnya hari pembalasan. Hari dibuktikannya habisnya masa kehidupan manusia di bumi, hari dimana manusia kembali kepada Sang Pencipta.

Fenomena kiamat saat ini sekan-akan sudah semakin dekat saja. Dunia saat ini sedang dihadapkan dengan kejadian pada tahun 2012. Mulai dari buku-buku yang terjual di toko-toko buku, banyak yang mengulas tentang kejadian di tahun 2012. Bahkan sebuah film dengan judul 2012 telah dibuat oleh sutrada kenamaan hollywood Roland Emmerich. Film yang menggambarkan bagaimana kejadian pada tahun tersebut. Dikisahkan dalam film tersebut telah terjadi pemanasan global dimana kiamat menjadi tidak terhindarkan, dan kesemuanya terjadi pada tahun 2012, tahun yang dianggap sebagai terjadinya ‘kiamat’ yang didasarkan pada ramalan bangsa Maya.

2012-Doomsday1Bangsa Maya sendiri menuliskan bahwa hari yang disebut ‘kiamat’ itu terjadi pada tanggal 21 Desember 2012 yang dianggap sebagai akhir dari siklus kehidupan. Beberapa ahli banyak yang mengeluarkan teori bahwa pada tahun 2012 akan terjadi lubang hitam dipusat galaksi bimasakti yang akan berada sejajar dengan matahari tepat pada tanggal 21 Desember 2012. Dan semuanya itu didasarkan pada tanggal dan ramalan yang diulis oleh bangsa Maya.

Bangsa Maya sendiri adalah bangsa yang termasuk dalam kebudayaan Mesoamerika yang bisa dibilang maju, mereka memiliki agama, budaya, seni, astronomi dan ilmu pengetahuan sendiri. Kebudayaan  Maya sendiri berdiri dari tahun 2000 SM sampai tahun 900 M. Masa jayanya ada dari tahun 250 sampai dengan 900. Kebudayaan bangsa Maya hinga saat ini masih tersisa, keturunannya masih ada sampai saat ini dan masih memiliki sistem kepercayaan dan tradisi yang unik hasil dari bersatunya idologi pra Kolombia dan pra penaklukan Spanyol.

Diperkirakan ada tujuh juta bangsa Maya di Amerika Latin, tersebar dari Meksiko Selatan, Guatemala, Belize, El Salvador, dan bagian barat Honduras. Di Meksiko bangsa Maya paling banyak ada di Yucatan, Campeche, Quintana Roo, Tabasco, dan Chiapas. Keruntuhan kejayaan bangsa maya masih menjadi perdebatan dikalangan para ahli. Ada yang menyebutkan karena serangan asing, revolusi petani, penyakit sampai perubahan iklim. Beberapa ahli mengatakan kekeringan selama 200 tahun menyebabkan runtuhnya kejayaan bangsa Maya.

Kembali ke fenomena akhir dunia atau ‘kiamat’, dalam agama Islam sudah disebutkan bahwa hari ‘itu’ pasti akan tiba, bahkan kita dari kecil sudah diajarkan untuk ‘iman’ dan percaya akan hari akhir itu, hanya waktunya saja yang belum diketahui. Dalam dunia nyata, dapat digambarkan apa yang menjadi skenario kerusakan dimuka bumi yaitu terjadi pada dua sebab, seperti yang ditulis oleh Cinemags yaitu:

  1. Bencana alam:
  • Pandemi Global
  • Bencana alam dahsyat seperti meletusnya gunung Toba di Indonesia sekitar 71.500 tahun yang lalu, yang mengakibatkan memusnahkan manusia lebih dari 10 juta jiwa.
  • Ledakan radiasi gamma diluar angkasa.
  • Berubahnya rotasi bumi.
  • Matahari kita yang membesar atau mengecil.
  • Tabrakan dengan meteor. Ini pernah terjadi 65 tahun yang lalu dan pernah terjadi tahun 1908 di Tunguska, Rusia.
  • Lubang hitam yang muncul di luar angkasa dan menghancurkan bumi.
  • Perubahan cuaca secara dratis.
  1. Disebabkan Manusia Sendiri
  • Habisnya minyak.
  • Perang nuklir, biologi, dan kimia.
  • Revolusi robot seperti dalam Matrix trilogy
  • Pemanasan Global

Bagaimanapun dan apapun nanti yang  akan terjadi (tahun 2012), hanya Allah SWT yang tahu pasti kapan hari kiamat itu akan datang. Tak ada satu orang pun yang mengetahuinya, apalagi bangsa Maya. Karena Allah sudah berjanji, bahwa tiada keragu-raguan akan apa yang telah dia firmankan-Nya didalam kitab suci Al-Quran. Namun, jika Allah menghendaki datangnya hari kiamat, bahkan tidak perlu lagi menunggu waktu pada tahun 2012. Dan pada hari itu manusia akan menerima balasannya, sebagaimana Allah SWT berfirman, “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya pula.” (Q.S. Az Zilzal [99]: 7-8)

 

Sumber gambar:


9 thoughts on “2012: Hari Berakhirnya Kehidupan

  1. kalau saya sih sangat tidak percaya dengan segala buku dan lainnya yang membahas kiamat namun tahu akan waktunya, Rasulullah saja tidak tahu. Hm….isu kiamat dikomersialisasikan,

    apa pada pengen kiamat benar-benar datang cepat, hahahahhhhaahh…..

    *tulisannya bagus*

  2. Kalau menurut saya kemungkinan terjadinya kiamat pada tahun 2012 itu bisa aja terjadi dan bisa aja tidak karena hanya Allah saja yang tau. Akan tetapi kita tidak bisa menentukan juga bahwasanya isu tersebut hanya kebohongan publik, karena tidak ada jaminan juga bahwa pada Tahun itu, bulan itu, hari itu, dan jam itu tidak terjadi kiamat karena seperti yang tertulis pada Al Qur’an Kiamat hanya Allah yang menentukan dan hanya Allah yang tau. Terjadi atau tidaknya Kiamat pada Tahun itu masih menjadi rahasia Allah yang dimana kita adalah Hambanya dan kita juga belum mengalami perputaran waktu tersebut.

  3. KIAMAT, denger aja udah merinding dan tanda2 kecil tentang kiamat pun udah banyak tampak. ya semoga aku bukan termasuk orang yang menjumpai hari akhir atau KIAMAT. Amin….

  4. KIAMAT…….
    memang kiamat sangat menakutka sekali,di dunia ini sudah banyak tanda-tanda kiamat.apakah benar kiamat thun 2012,tidak mungkin karena Al-qur’an masih ada.apakah manusia ada yang percaya bahwa kiamat thn 2012???
    akh,,,,aku jdi tkut,aku ga ingin kiamat dlu akh kan aku msih kecil,rasanya gmn ci xlo kiamat dteng.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s