BULE: Catatan Kecil Seorang Sahabat


Hari ini saya di undang buka bersama di sebuah sma negeri di pelosok desa. Tempatnya di desa sekali sehingga saya agak berhati-hati waktu berangkat. Tepat jam 16.00 saya sudah sampai di sekolah tersebut sesuai dengan yang tertulis di undangan. Tetapi ternyata hanya 2 orang anak yang ada di sekolah tersebut menyambutq sambil mengucapkan maaf kalau teman2nya belum datang, saya lngsung berpikir, yah indonesia banget deh kalau gini.

Sambil mnunggu tuan rumah, saya duduk di sebuah bangku kosong di depan kelas. Tiba2 ada seorang bule menyapaku dengan bahasa indonesianya yang lancar sekali. “Hallo, nama saya Travis……” begitulah dia memperkenalkan dirinya. Saya menyambut tangannya sambil memperkenalkan diri saya juga. Sekilas tidak ada yang menarik dari dirinya. seperti orang bule kebanyakan, dia tinggi besar, kulit putih, hidung mancung, dan rambutnya keemasan.

Yang buat saya kagum adalah ketika dia menanyakan padsaya apakah saya puasa?? saya menjawab “iya”, lalu dia berkata “saya juga puasa, wuih lapar sekali, tapi tinggal beberapa menit lagi ya???” saya kaget sambil tersenyum, mungkin dia adalah bule yang muslim. Lalu dia pamit untuk membantu panitia menyiapkan peralatan dan makanannya, dia mulai mennggotong makanan dan beberapa kursi dia tata.

Yang membuat saya agak miris adalah dia menata semuanya sendiri, sedangkan panitianya malah ngobrol2 di luar. Saya jadi heran, memangnya dia siapa sampai mau melakukan semuanya. Lalu saya mulai bertanya kepadanya, siapa dia dan ada perlu apa dia di sini. Sambil tersenyum dia menjawab bahwa dia adalah sukarelawan yang datang dari amerika untuk membantu siswa sma tersebut dalam pelajaran bahasa inggris.

Sejenak hati saya kaget, ternyata orang yang lebih mirip artis hollywood tersebut adalah seorang sukarelawan…… dia tampak senang dengan kegitannya tersebut, dia menikmatinya, dan tidak malu dengan perbuatannya. Bahkan ketika saya tanyai agamanya, dia menjawab “aku seorang kristiani”. Ketika berdoapun dia mengangkat tangannya, meskipu saya tidak tau apa yang dibacanya. Dari sini saya mulai berpikir, bahwa tidak semua orang amerika itu seperti yang kita pikirkan selama ini. Buktinya Travis adalah seorang amerikan yang mau menjadi sukarelawan di sebuah desa terpencil seperti ini.

Dia ikut berpuasa dan berbuka bersama kami meskipun dia seorang kristiani. pakaiannyapun cukup simpel, hanya sebuah kaos dan sebuah celana jins. Yang mengherankan lagi adalah meskipun dia menjadi guru di sana, salamnya dengan muridnya adalah dengan tos….khas orang bule banget, tetapi ini membuat dia bisa membuat muridnya enjoy dan tidak takut berbahasa inggris. Inilah jiwa seorang guru yang mungkin kebanyakan orang belum memiliki. Dia menikmati pekerjaannya meskipun di gaji sangat minim di desa yang terpencil???? Mungkin saya akan berpikir 3 x untuk menerimanya…..

By: Binar Azwar Anas Harfian

Rewrite: Abdul Malik Sholihin

P.S: “Barangsiapa yang menghilangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah akan menghilangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa meringankan orang yang sedang kesulitan, maka Allah akan meringankannya dari (kesulitan) dunia dan akhirat. Barangsiapa yang menutupi (kejelekan) seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi (kejelekannya) di dunia dan akhirat. Dan Allah akan menolong hamba selama dia mau menolong saudaranya.” (HR. Muslim.)

||tentunya banyak hikmah yang bisa kita ambil dari cerita diatas, hendaklah kita saling tetap membantu tanpa harus menilai besar kecilnya balasan yang kita terima, karena kita semua tahu, Alloh melihat apa-apa yang dikerjakan umatnya, tentunya kita sebagai seorang islam harus bisa menjadi seorang muslim yang sebenarnya. Semoga kita semua selalu dalam lindungan dan rahmat-Nya. Amin||

Source Pic: Fotounik.Net


2 thoughts on “BULE: Catatan Kecil Seorang Sahabat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s