CINTA adalah…..


Banyak diantara kita sering membicarakan tentang “cinta”, dan setiap orang pun mempunyai pengertian yang berbeda-beda tentang cinta, baik anak kecil, remaja, orang dewasa maupun orang tua, lelaki maupun perempuan, punya penafsiran sendiri akan pengertian cinta. Sebegitu rumit dan misterikah akan arti dari cinta?

Dalam situs pencarian Google misalnya, saya mencoba mengetik kata “Cinta adalah” maka akan ditemukan 256.000 indek halaman yang ditemukan dalam waktu 0,22 detik. Kemudian saya mencoba dengan kata lain “Love is”, maka situs pencarian raksasa tersebut menampilkan 64,8 juta halaman/indeks yang mengandung kata tersebut hanya dalam 0,24 detik saja.

Saya pun mencoba untuk membuka satu persatu secara acak, beraneka ragam pengertian akan arti cinta tertulis disana, mulai dari yang manis hingga yang pahit ada. Wikipedia menulis, cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang, sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

Filsafat cinta adalah bidang filsafat sosial dan etika yang mencoba untuk menjelaskan sifat dan arti cinta. penelitian filosofis cinta termasuk tugas membedakan antara berbagai jenis cinta pribadi; menanyakan apakah dan bagaimana cinta adalah / bisa dibenarkan; bertanya apa nilai cinta itu, dan apa itu cinta serta dampaknya tentang otonomi baik kekasih dan yang tercinta.

Ada berbagai teori yang mencoba untuk menjelaskan apa itu cinta, dan apa fungsi yang dilayaninya. Akan sangat sulit untuk menjelaskan cinta kepada seseorang  yang  dirinya tidak mengalami cinta atau dicintai. Bahkan, untuk seperti mencintai orang akan muncul menjadi sangat aneh jika tidak langsung perilaku irasional.

Di antara jenis yang berlaku teori yang mencoba untuk menjelaskan keberadaan cinta ada: teori psikologis, sebagian besar yang menganggap cinta sebagai perilaku yang sangat sehat, ada teori evolusi yang memegang bahwa cinta adalah bagian dari proses seleksi alam , ada teori spiritual yang mungkin, misalnya menganggap cinta sebagai karunia dari Tuhan, ada juga teori yang menganggap cinta menjadi misteri yang tidak bisa dijelaskan, sangat mirip dengan pengalaman mistik.

Di negara kita, Indonesia yang memiliki  berbagai macam kebudayaan dan agama pun mempunyai pandangan tersendiri dalam mengartikan arti cinta.

ISLAM

Dalam ajaran agama Islam, Alloh SWT yang mempunyai 99 nama Tuhan (Asmaul Husna)yang didalamnya  terdapat salah satu nama yaitu Al-Wadud yang berarti “Maha Mencintai Mengasihi” yang bisa kita temukan dalam Quran Surah 11:90 dan Surah 85:14. Hal ini mengacu pada bahwa Alloh SWT sebagi Tuhan yang penuh cinta kasih. Islam juga mengajarkan akan arti cinta kasih kepada sesama, maupun kepada Tuhannya. Bahkan tingkatan cinta tertinggi dalam agama Islam adalah cinta kepada Alloh SWT, sebagaimana dalam firman-Nya:

“Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, pasangan-pasangan, dan kaum keluarga kalian, harta kekayaan yg kalian usahakan, perniagaan yg kalian khawatirkan kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yg kalian sukai, lebih kalian cintai daripada Allah, Rasul-Nya dan (daripada) jihad di jalanNYa, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan siksaNya. Allah tidak memberi petunjuk kepada orang2 yg fasik” (Q.S. At-taubah : 24)

KRISTEN

Ada beberapa kata Yunani untuk “cinta” yang teratur sebagaimana dimaksud dalam kalangan Kristen.

* Agape: Dalam Perjanjian Baru, Agape adalah amal, tanpa pamrih, altruistis, dan tanpa syarat. Ini adalah kasih orang tua, dilihat sebagai menciptakan kebaikan di dunia, itu adalah cara Allah terlihat untuk mencintai kemanusiaan, dan ini dipandang sebagai jenis cinta yang Kristen bercita-cita untuk memiliki satu sama lain.
* Phileo: Juga digunakan dalam Perjanjian Baru, phileo adalah respons manusia untuk sesuatu yang ditemukan menjadi menyenangkan. Juga dikenal sebagai “kasih persaudaraan.”
* Dua kata lain untuk cinta dalam bahasa Yunani, (cinta seksual) eros dan storge (anak-ke-orang tua cinta), tidak pernah digunakan dalam Perjanjian Baru.

Orang Kristen percaya bahwa untuk Cinta Allah dengan segenap hati, pikiran, dan kekuatan dan Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri adalah dua hal yang paling penting dalam hidup (yang paling besar perintah Taurat Yahudi, menurut Yesus Anda;. Bab cf Injil Markus 12, ayat 28-34).

BUDHA

Dalam ajaran Buddha, Kama adalah sensual, cinta seksual. Ini adalah kendala di jalan menuju pencerahan, karena diri sendiri. Karuna adalah belas kasihan dan rahmat, yang mengurangi penderitaan orang lain. Hal ini melengkapi kebijaksanaan dan diperlukan untuk pencerahan. Adveṣa dan Metta adalah kasih. Ini adalah cinta tanpa syarat dan membutuhkan banyak hal-penerimaan. Hal ini sangat berbeda dari cinta biasa, yang biasanya mengenai lampiran dan seks yang jarang terjadi tanpa kepentingan pribadi. Sebaliknya, dalam Buddhisme itu mengacu pada detasemen dan bunga tidak egois dalam kesejahteraan orang lain ‘.

Gagasan Bodhisattva dalam Buddhisme Mahayana melibatkan penolakan lengkap diri untuk mengambil beban dunia penderitaan. Yang satu motivasi terkuat telah dalam rangka mengambil jalan dari Bodhisattva adalah gagasan keselamatan dalam mementingkan diri sendiri, cinta altruistik untuk semua makhluk hidup.

HINDU

Dalam Hindu, kāma itu menyenangkan, cinta seksual, dipersonifikasikan oleh Dewa Kamadeva. Banyak  sekolah Hindu, itu adalah akhir ketiga (artha) dalam kehidupan. Kamadeva sering digambarkan memegang haluan tebu dan panah bunga, ia dapat naik di atas seekor burung beo yang besar. Dia biasanya didampingi oleh permaisuri Rati dan temannya Vasanta, penguasa musim semi.

Berbeda dengan kāma, prema – atau – prem merujuk kepada ditinggikan kasih. Karuna adalah belas kasihan dan rahmat, yang mendorong seseorang untuk membantu mengurangi penderitaan orang lain. Bhakti adalah istilah Sansekerta, yang berarti “mencintai pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa.”

Cinta adalah….

Dari sekian banyak pengertian akan arti cinta, sesungguhnya setiap individu mengerti akan arti cinta itu sendiri, meskipun berbeda dengan pendapat antara satu yang lainnya, bisa dikatakan setiap orang pernah merasakan “cinta”. Tapi apakah arti cinta sebenarnya? mungkin sampai saat ini masih menjadi misteri bagi sebagian orang, tapi penulis (berusaha mengartikan menurut pribadi) Cinta adalah diri kita sendiri.

Cinta adalah diri kita sendiri, bagaimana kita membawa dan “menyetir” tingkah dan perilaku kita dalam kehidupan kita sehari-hari. Jika kita baik, maka cinta itu “baik”, jika kita merawat dirikita dan lingkungan kita dengan baik, maka cinta itu “indah”, jika kita selalu berbagi dan tersenyum kepada sesama kita, maka cinta itu “kasih sayang”, jika kita senantiasa melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, maka cinta itu “Cinta pada Tuhan”.

Apa yang kita lakukan adalah cerminan dari diri kita, dalam diri manusia ada segumpal darah, jika darah itu “baik” maka baik seluruh tubuh, dan apabila segumpal darah itu “buruk”, maka buruk seluruh tubuh. Cinta adalah bagaimana kita memperlakukan diri kita, baik kepada Tuhan, sesama dan lingkungan…….


8 thoughts on “CINTA adalah…..

  1. ” Cinta deritanya tiada akhir..” hehehh itu kata cut patkai dari serial sinetron sun Gokong…
    setiap orang punya definisi berbeda dalam cinta, tergantung dari pengalam mereka dalam mencintai dan dicintai.
    secara pribadi jika berkomentar tentang cinta antara 2 insan manusia, untuk bisa menumbuhkan cinta dan menjaga cinta, perlu usaha untuk bisa mewujudkan cinta yang indah. Cinta yang indah adalah cinta yang saling bertautan, yang mencintai merasakan rasa cintanya dan yang dicintai jg merasakan rasa cinta dari yang mencintainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s